Preloved Item

Siapa yang diantara kita memiliki barang yang sudah lama / preloved tidak terpakai dan masih tersimpan rapi di pojok ruangan / disuatu tempat ?, Pasti kita semua memiliki barang itu bukan, Kemudian pertanyaan berikutnya, apakah kita masih bisa mendapatkan keuntungan finansial atau tidak ?, dan muncul pertanyaan berikutnya, Bagaimana dan dimana jualnya ?

Itulah yang saya pikirkan selama beberapa minggu ketika istri saya membeli stroller bayi yang baru, fungsi barang sama, namun fitur yang ditawarkan cukup berbeda.

Storller Bayi umumnya memiliki jangka waktu pemakaian dan sifatnya situasional (akan menjadi tidak terpakai apabila tidak keluar rumah), Jangka waktu pemakaian ini adalah dilihat dari pertumbuhan bayi yang semakin tinggi dan berat, stroller biasanya memberikan toleransi berat yang bisa menampung adik bayi di produknya. Stroller bayi yang dibeli istri saya akan membuat stroller yang “lama” menjadi tidak terpakai, dimana jika tidak kita perhatikan dan tidak kita pakai, lama kelamaan, barang tersebut akan rusak dan menjadi tempat tinggal kutu dan laba-laba. Karena masalah inilah, saya akhirnya mencoba mencari tahu tentang bagaimana menjual barang lama / preloved yang tidak ribet namun terpercaya.  Toh saya juga sadar bahwa harga jual barang tersebut bisa turun setengah dari harga normal, toh tapi saya pribadi masih dapat keuntungan finansial dan membantu orang lain membeli barang yg kita punya dengan harga yang miring.

Penelusuran saya berakhir di aplikasi yang bernama Carousell,  awalnya saya tidak terlalu  berekspektasi besar, at least kalo barang ini terjual Alhamdulillah, kalo pun tidak yah tidak apa-apa. Saya membuat akun dan memasukan 2-3 barang “pre loved” disana, saya berpikir pasti ada yang bertanya at least 1-2 orang di minggu pertama. Ternyata dugaan saya MELESET, ternyata cukup banyak yang melakukan Direct Message (DM) ke akun saya dalam waktu hitungan Jam.  

Akhirnya, setelah saya berkecipung di Carousell selama berbulan-bulan, saya akhirnya bisa menjual beberapa barang dan paham bagaimana cara  gampang menjual barang preloved di aplikasi buatan singapura ini. 

Berikut ini adalah beberapa tips buat kalian terapkan ketika menggunakan Carousell, diantaranya:

Pasarnya ada, pembelinya ada dan penjualnya ada. Ini bener-bener platform yang memfasilitasi penjual dan pembeli sesuai dengan peruntukanya. Tersedia baik melalui Web Based, IOS dan Google Play. 

Dimana jumlah download masing-masing platform cukup tinggi, sehingga pemakainya rata-rata memiliki atau sudah pernah menggunakan platform ini.

Gabungan Carousell

Adanya status Verified membuat Buyer menjadi percaya sama kita. Jika tidak salah carousell di Indonesia melakukan 3 tipe verifikasi, yaitu verifikasi dalam bentuk alamat Email, verifikasi Facebook dan Nomor Telephone
Semakin banyak seller yang melakukan verifikasi, Well… walau tidak 100% dia pasti jujur, at least dia serius untuk berjualan di Carrousell.

Kelengkapan Biografi juga cukup penting, Biografi yang jelas dan lengkap secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan Buyer ke kita, kalo kita ini ASLI loh, Bukan akun buat tipu-tipu. (Hari gini nipu Capek… sudah makin gampang kelacaknya, repot masa depanya).

Carousell detil

Hingga postingan ini diterbitkan (April 2021), Carousell belum menyediakan fitur jual beli di dalam aplikasi milik mereka.
Saya pribadi mengalihkan penjualan saya ke marketplace alternatif semacam Tokopedia dan Shopee guna meyakinkan pembeli ketika mereka membeli barang yg saya jual. Menurut saya, Carousell lebih mirip Kaskus FJB yang populer di zamanya, which is very good place to interact with seller and buyer before purchase the product, sedangkan Tokped, Shopee, Bukalapak, dll adalah Rekber nya. *Giggle

Market Place

Menurut saya carousell tidak dapat dipandang sebelah mata kedepanya, Pasar barang preloved memang ada disini, dan pembelinya juga ada dan potensial. Semoga kedepanya, Carousell bisa menyediakan fitur jual beli di dalam aplikasi ini, sehingga proses jual-beli antara penjual dan pembeli semakin cepat dan nyama. So…Good job Carou, and see you again in my next post. Tschüs !!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments