PS5

Playstation 5 atau lebih sering disebut PS5, merupakan salah satu console game terbaik yang pernah dikeluarkan oleh perusahaan yang bernama Sony Corporation. Hampir 1 tahun sejak peluncuranya, masih banyak orang-orang yang belum memiliki karena kurangnya persediaan stok PS5 secara global. Keterbatasan ini mengundang para Sclapers (tengkulak) untuk membeli unit PS5 secara massive dan menjualnya dengan harga diatas batas kewajaran.
Hal tersebut mungkin tidak ada masalah untuk orang-orang yang memiliki dana/budget berlebih dan mau membeli barang diatas harga yang wajar, namun ada juga beberapa orang yang setia menunggu harga console tersebut turun ke harga yang lebih “masuk di akal”

 

Penulis sendiri telah memiliki PS5 dan selama beberapa bulan memilikinya, ada sedikit pendapat pribadi, yang dapat dijadikan pertimbangan, kenapa tidak perlu terburu-buru membeli PS5 di tahun 2021

Berikut ini beberapa alasan kalian tidak perlu terburu-buru membeli PS5

Berkaca di marketplace yang terkenal di Indonesia saat ini, harga PS5 masih diatas harga yang dikeluarkan Sony ($499 / 7,5Jt). Kisaran harga PS5 di market place di Indonesia per Oktober 2021, ada di kisaran 11-12 jt.
Harga tersebut masih fluktuatif dan akan bertahan beberapa bulan karena keterbatasan produksi dari pihak Sony Internasional(link)

Game ekslusif PS5 masih dapat dihitung oleh jari di tahun 2021, beberapa game yang release di tahun 2021, masih dapat dimainkan di PS4, sehingga gamer tidak akan tertinggal dan/atau masih dapat memainkan game yang keluar di tahun ini. Game Exclusive untuk PS5 di hingga Oktober 2021, diantaranya: Demon Soul,  Ratchet and Clank : Rift Apart, Returnal, dan Deathloop.

Sebagian besar game yang keluar di tahun 2021, masih tetapu bisa dimainkan di console PS4, segingga gamer masih tetap bisa memainkan game-game terupdate hingga bulan-bulan kedepan.

PS4 n PS5 game

Sebahian besar game yang keluar saat ini (2021) mayoritas masih full support dengan console PS4. 
Game-game top tier seperti Ghost of Tsushima, Assasins Creed Valhalla, Watch Dogs : Legion, dan lainya masih tetap akan bisa dimainkan di platform PS4. Hal ini selain memfasilitasi gamer yang belum memiliki PS5, juga merupakan proses transisi yang dilakukan oleh perusahaan dan developer ketika suatu platform Playstation yang baru muncul.  

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis, kira-kira butuh waktu 2-4 tahun untuk developer dan publisher agar game nya khusus untuk platform terbaru.

Contohnya adalah game Pro Evolution Soccer (PES), NBA 2K dan WWE di PS3 sewaktu PS4 diluncurkan. 
Dimana developer dan publisher menyiapkan masa transisi agar game nya bisa dimainkan di 2 platform hingga 2-4 tahun sebelum akhirnya bisa secara eksklusif hadir di platform terbaru.

Mungkin hal inilah yang Sangat krusial ketika memiliki PS5.
Ketika PS5 kalian mengalami kerusakan, tempat service yang bisa memperbaiki PS5 masih sangat sedikit dan tidak semua sparepartnya ada.
Di tempat servis resmi (Sony Indonesia), pihak perusahaan masih belum dapat melakukan servis untuk Unit / Joystik PS5, pihak Sony Indonesia masih memberlakukan pergantian unit apabila Unit/joystik PS5 bermasalah. (Ini khusus garansi sony Indonesia).

Jadi ketika PS5 dan/atau joystik PS kalian bermasalah, maka akan sedikit terkendala dalam masalah perbaikan, apalagi jika yang bermasalah adalah sisi hardware unit PS5 yang notabene masih sulit ditemui pihak yang menjual sparepart PS5 di marketplace dalam negri / luar negri.

Itulah beberapa pendapat dari penulis yang bisa dijadikan rujukan ketika kalian ingin membeli PS5. Menurut penulis, poin ke 4 adalah poin yang perlu dipikirkan jika kalian ingin membeli PS5.

Berikut nya, penulis akan memberikan sedikit tips/trick merawat PS5 agar poin ke 4 dapat dihindari / di minimalisasi.

See you in the next post.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments