Video Youtube merupakan pelindung kepada orang tua ketika menghadapi anak-anak yang sedang rewel atau nangis ketika melakukan aktifitas. Seketika video di youtube bisa membuat anak kecil diam tak bersuara melihat acara yang dipasang oleh kedua orangtuanya. 
Tapi mungkin ada ketakutan dari orang tua mengenai channel apa yang cocok untuk anak balita, “apakah ada kalimat yang tidak pantas diucapkan?”, “Apakah ada gambar yang kurang sopan”, “Apakah ada kekerasan di video tersebut”, dan sebagainya. 
Hal tersebut merupakan pemikiran yang wajar dari orang tua yang akan memperlihatkan video Youtube kepada anaknya, penulis sendiri memiliki anak balita dan berpikiran yang sama dengan kalian. 

Oleh karena itu, saya kemudian meriset dan memperlihatkan beberapa channel kepada anak saya (1,5 tahun) untuk dilihat dan melihat bagaimana respon dia terhadap video-video Youtube yang saya tampilkan. Berdasarkan riset saya selama 1 bulan, saya selaku orang tua merekomendasikan channel-channel Youtube berikut untuk diperlihatkan kepada anak dengan beberapa pandangan saya. Berikut channel tersebut:

1) Omar dan Hana

Omar dan Hana

Omar dan Hana (OH) merupakan chanell Youtube yang menjadi favorit untuk saya dan anak saya. Omar merupakan karakter anak laki-laki sedangkan Hana merupakan karakter perempuan yang menjadi adik dari Omar. Karakter lainya adalah Ayah dan Ibu selaku keluarga dari OH, Ustad Muza selaku Guru ngaji dari OH serta Cikgu Laila selaku guru dari OH di sekolah. Sebenernya masih ada banyak tokoh-tokoh lainya namun mereka lah yang sering muncul di video-video OH.

Saya dan anak saya menyukai Channel ini karena:
– Animasinya Bagus
Menurut saya animas Omar dan Hana ini tergolong top tier, Quality animasinya untuk saya lebih bagus dari pada Upin dan Ipin (Pendapat Pribadi)
– Pengajaran Agama dan tinkah laku yang bagus dan menarik.
Saya suka dengan cara Omar dan Hana ini menyisipkan pelajaran agama islam baik dengan jalan cerita maupun lagu-lagu islami. Jalan cerita ditambah animasi serta lagu yang easy listening membuat anak saya (Bahkan SAYA) betah menonton video tersebut. Oleh karena itulah saya merekomendasikan Channel ini kepada para orang tua. 

Berikut Link Channel Tersebut untuk para orang tua liat dan nilai.
Youtube Omar dan Hana

Berikut ini contoh Video Omar dan Hana

2) Pokemon Kids TV

Pokemon kids TV

Channel yang saya rekomendasikan berikutnya adalah Pokemon Kids, Channel ini isinya merupakan lagu anak-anak versi inggris yang sangat easy listening dibalut animasi yang keren. Karakter Pikachu membuat anak saya betah di channel ini dan menyaut-nyaut nama pikachu ketika channel ini saya putar.

Apa yang saya suka dari Channel ini :
– Lagu Internasional versi Pokemon
Lagu di channel ini merupakan lagu anak-anak yang sering kita dengar, contohnya “The Wheels on the bus”, “Twinkle-Twinkel Little Star” dan “Old Mcdonald had a farm” yang diedit versi pokemon, merupakan variasi yang lucu dan menarik untuk ditonton. Saya selaku orang tua cukup terhibur dengan penyajian dan keceriaan anak saya ketika menonton video tersebut.
– Format Penyajian Video
Saya cukup suka dengan format video di Channel ini karena tidak semua video di channel ini adalah Animasi 3D Pokemon, terkadang format tampilannya dapat berupa kolaborasi anak-orang tua dengan pemeran pokemon di dunia nyata. Menurut saya, hal itu cukup menarik untuk ditampilkan.

Berikut link Channel Youtube tersebut:
Youtube Pokemon Kids TV

Berikut ini contoh Channel Pokemon Kids TV

3) Lagu Anak Indonesia Balita

Salah satu channel youtube yang saya rekomendasikan untuk belajar adik-adik kecil, isi channel ini rata-rata merupakan lagu-lagu untuk pembelajaran awal anak-anak. Saya suka karakter animasi monyet, gajah dan burung dalam setiap videonya.

Apa yang saya suka dari Channel ini:
– Lagu-lagu berisi pembelajaran untuk anak-anak.
Banyak lagu yang menurut saya cukup bagus untuk pendidikan anak, Contohnya pembelajaran abjad, berhitung angka dan perbedaan warna.
– Animasi dan musik yang pas.
Salah satu channel berbahasa indonesia yang mempunyai animasi yang baik, mungkin banyak video tentang abjad, angka dan warna yang diunggah oleh channel-channel lain, Namun tidak banyak yang bagus dalam penyajian konten-nya kepada audience. 

Karena itulah, saya menyarankan channel ini untuk ditonton kepada anak, karena anak saya pribadi cuku banyak belajar di channel ini.

Berikut link Channel Youtube tersebut:
Youtube Lagu Anak Indonesia Balita

Berikut ini contoh Lagu Anak Balita Indonesia

4) GNP Music

GNP Music

Ini adalah channel yang saya pribadi rekomendasikan karena video di channel ini berisi tembang kenangan masa kecil yang penuh dengan nostalagia. Banyak lagu-lagu masa kecil saya di channel ini, contohnya seperti : 2 mata saya, bangun tidur, tek kotek (anak ayam), dan lainya. Ada beberapa faktor yang membuat saya merekomendasikan channel ini kepada para pembaca:
– Lagu anak-anak tembang lawas yang enak didengar.
Pasti sudah tidak asing dengan lagu 2 mata saya dan bangun tidur donk untuk orang tua yang lahir di tahun 80-90an. Lagu nya enak, dan aman di lihat untuk orang tua yang sudah mempunyai anak.
– Banyak pilihan
Di channel ini tidak hanya lagu anak-anak, namun video yang berisi peragaan tari nusantara dan tembang lawas orang tua, membuat channel ini masuk ke segala umur. 

Berikut link Channel Youtube tersebut:
Youtube GNP Music

Berikut ini contoh Lagu GNP Music

5) Cocomelon

Ini bisa dibilang channel favorit ibu-ibu diluar sana, disetiap postingan di internet, Cocomelon merupakan rujukan yang paling sering dipilih oleh orang tuang yang memiliki anak, Dimana saya pribadi cukup setuju ketika melihat dan menonton beberapa video yang ada di channel ini. Ada beberapa faktor yang membuat saya juga merekomendasikan channel ini diantaranya:
– Lagu yang disajikan sangat enak untuk didengar
Saya harus mengakui dengan lagu-lagu yang disajikan oleh  Cocomelon, tidak hanya enak didengar, alunan musik nya berirama dan sangat fun dapat membuat anak diam terpukau dan melompat-lompat menyanyikan lagu yang dilihat.
– Penyajian lagu anak-anak berbasa Inggris.
Cocomelon merupakan salah satu channel yang menyajikan lagu inggris untuk anak-anak, pemilihan kosa katanya juga tidak sulit walau saya akui bahwa kosa kata bahasa inggris di video ini juga tidak mendasar.  

Berikut link Channel Youtube tersebut:
Youtube Cocomelon

Berikut ini contoh Lagu Cocomelom

Itulah top 5 channel Youtube yang saya rekomendasikan kepada para Orang Tua, semoga posting ini dapat membantu orang tua untuk memberikan video Youtube  yang menyenangkan namun tetap mendidik. Jadikan Youtube sebagai pendidikan tambahan untuk anak, Worth it loh, tapi diharapkan tetap membatasi anak dalam menonton video di Youtube yah, Takutnya mata anak bisa bermasalah dan bisa kecanduan gadget. 

We meet again in the next post..

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments