Logo WWE

Apa dipikiran kalian ketika mendengar WWE ?
Bagi kalian yang lahir di tahun 90an, Saya yakin kalian pasti pernah mendengar atau melihat acara hiburan ini di televisi nasional (RCTI dan Lativi sebelum menjadi TV one) dengan gulat sebagai produk utamanya. Tapi mungkin kalian ada yang belum mengetahui apa itu WWE, sejarah dan asal muasal WWE dan kiprahnya sekarang ?. Maka izinkanlah postingan ini menjelaskan secara singkat, padat dan jelas (bahkan Update) tentang WWE ini.  

WWE (World Wrestling Entertainment) merupakan perusahaan hiburan dengan Gulat sebagai produk yang dijual dan dikemas sedemikian rupa guna menghibur penonton yang menonton acara tersebut. Idealnya, WWE ini lebih cocok disebut Perusahaan hiburan berserial, Dimana serial mingguan “RAW” dan “Smackdown” sudah mencapai lebih dari 1.000 Episode. 

McMahon Family

Keluarga Mcmahon (Mcmahon Family) adalah figur sentral di industri Gulat dari awal dekade 90an, Jess McMahon adalah kakek dari Vince Mcmahon dan ayah dari James McMahon, beliau adalah Promotor olahraga yang handal di era-nya khususnya untuk tinju dan gulat. Kemampuan promotor ini turun ke anaknya yaitu Vincent James McMahon (Vince McMahon Sr.). Beliau membuat Perusahaan gulat dengan nama WWWF (World Wide Wrestling Federation), dimana tujuanya adalah menguasasi regional timur laut (Baltimore, Newyork dan New Jersey) di amerika (Dahulu promotor gulat beroperasi dan berbisnis per regional), kepiawaian menguasai bisnis gulat ini menginspirasi anaknya yaitu, Vince McMahon

Vince McMahon sangat tertarik dengan bisnis yang digeluti oleh Ayahnya, dia bahkan bekerja sebagai Ring Announcer selama beberapa tahun sebelum diangkat menjadi commentator di WWWF, berbekal dengan pengetahuan selama bekerja di perusahaan ayahnya, Vince McMahon berniat melebarkan sayap ke seluruh daratan amerika, untuk mewujudkan ambisinya Vince Mcmahon berniat membeli seluruh saham ayahnya dan rekanan bisnis yang menjadi pemegang saham perusahaan (WWWF). Vince Mcmahon kemudian membuat perusahaan yang bernama Titan Sport Inc, dimana di tahun 1979, WWWF kemudian berubah menjadi WWF (World Wrestling Entertainment) dan diakuisisi oleh Vince Mcmahon setelah beliau membeli seluruh saham yang dimiliki oleh Ayahnya dan pemegang saham lainya.

The Biggest thrill in the world is entertaining the public, there is no Bigger thrill than that.

-Vince McMahon

WWF akhirnya berganti nama menjadi WWE (World Wrestling Entertainment) di tahun 2002, pergantian ini terjadi karena adanya tuntutan hukum (lawsuit) dari World Wildlife Fund atas inisial trademark “WWF” dan wanprestasi ata perjanjian antara keduanya. Tuntutan ini dianggap WWE sebagai kesempatan mejelaskan kepada audience bahwa fokus Perusahaan adalah Hiburan (Entertainment), oleh karena itu Vince McMahon tidak ambil pusing dengan tuntutan World Wildlife Fund dan bertahap mengubah nama dari WWF menjadi WWE. 

Ambisi Vince McMahon untuk mengenalkan WWE ke ranah global terus dilakukan. Di tahun 2000, Vince McMahon ingin mengakuisisi Channel Sci-Fi dari USA Network agar Perusahaan bisa leluasan dan ekslusif menghadirkan platform wrestling khusus WWE. Tetapi hal itu ditolak mentah-mentah oleh Presiden USA Network saat itu[1]. Ambisi itu akhirnya bisa terwujud namun platform digital di tahun 2014, dimana VKM (Vince Kennedy McMahon) melihat online streaming adalah platform yang akan terkenal di masa mendatang (dan tidak salah), dengan mengeluarkan WWE Netwok di tahun 2014. WWE Network memiliki lebih dari 1,5 juta subscriber di tahun 2020, dimana jumlah itu merupakan jumlah global[2]Di tahun 2021, Platform WWE Network akhirnya dibeli oleh NBC Universal, selaku owner dari USA Network, dimana pembelian itu akan disatukan dengan online streaming service mereka yang bernama Peacock. Pembelian ini merupakan salah satu strategi bisnis WWE untuk tetap menghasilkan pendapatan dengan sharing revenue dengan NBC Universal. 

Trivia mengenai WWE:
  • Vince McMahon Sr. bisa saja tidak akan menjual saham nya ke Vince McMahon jika dia tahu tujuan utama dari Vince McMahon.
  • USA Network merupakan patner broadcasting yang paling lama bekerja sama dengan WWE. Terhitung dari 1993, mereka sudah bekerja sama hingga sekarang.
  • John Cena bisa dikatakan merupakan Pegulat yang menyumbang penjualan merchandise terbanyak sepanjang masa. 
  • Bruno Sammartino merupakan pegulat yang memegang sabuk juara terlama sepanjang sejarah Perusahaan, yaitu 2,803 Hari / 7 tahun, 8 Bulan dan 1 hari.
  • John Cena dan Ric Flair merupakan pegulat yang memegang gelar juara (WWE Champion) terbanyak sepanjang sejarah, yaitu 16 kali.
  • Satu pegulat yang paling lama bekerja di WWE adalah The Undertaker (Mark Calloway), dimana beliau sudah tampil hingga 30 Tahun lamanya.
  • Sebelum bertemu kembali dengan Vince Mcmahon Sr., Vince McMahon tinggal bersama ibunya (Vicki Askew), beliau sangat menyayangi ibunya namun sangat membenci ayah tirinya. 
  • The rock (Dwane Johnson) merupakan Pegulat yang paling berhasil bertransisi dari pegulat menjadi aktor internasional.
  • “WWE Network” merupakan produk “balas dendam” yang dibuat oleh Vince McMahon terhadap “hinaan” presiden USA Network saat itu Barry Baker.
  • Vince McMahon terhitung sudah gagal 2 kali membuat kompetisi alternatif American Football yaitu XFL, dimana kegagalan pertama di tahun 2001 karena kurangnya minta publik terhadap XFL dan di tahun 2020, karena efek Pandemi Covid-19.
  • WCW (World Champion Wrestling) merupakan kompetitor WWE di tahun 90an, saat ini hampir tidak ada kompetitor yang bisa mengalahkan WWE.